Jurnal BioEdukasi menerapkan proses peer review. Semua artikel yang dikirimkan ke Jurnal BioEdukasi akan direview secara tertutup (blind review) oleh para Reviewer. Pada umumnya, setiap artikel akan direview oleh satu sampai dua orang reviewer (double blind peer review). Tanggapan dari para reviewer ini akan dijadikan landasan bagi Editor untuk menentukan apakah suatu artikel dapat diterima (accepted), diterima dengan revisi (accepted with major/minor revision), atau ditolak (rejected). Suatu artikel ditolak untuk dipublish, disebabkan oleh berbagai pertimbangan, diantaranya; (1) artikel tidak sesuai dengan ruang lingkup jurnal; (2) sisi ilmiah tulisan tersebut kurang memadai untuk digolongkan dalam suatu tulisan ilmiah; (3) kesalahan metodologi yang mendasar; atau (4) dikarenakan penulis menolak untuk melakukan saran perbaikan yang diberikan oleh reviewer tanpa dasar yang logis. Semua artikel yang dikirim akan diperiksa unsur plagiasinya menggunakan perangkat lunak (software) anti plagiarisme (Turnitin).